Negara dalam Arti Wilayah dan Institusi

Gallery

  1. Negara dalam arti wilayah

Unsur-unsur negara yaitu adanya wilayah, rakyat, dan pemerintah yang berdaulat. Tanpa adanya wilayah, negara tidak akan bisa terbentuk. Suatu bangsa harus memiliki wawasan kebangsaan / wawasan nasional untuk dapat mempertahankan wilayah negaranya. Konsep wawasan nasional terkait dengan tiga hal, yaitu ciri khas wilayah Indonesia, geopolitik Indonesia, dan geostrategi Indonesia.

Ciri khas wilayah Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Menurut regim hukum laut klasik, laut menjadi pemisah pulau-pulau. Akibatnya Indonesia menjadi tidak utuh. Pada tanggal 13 Desember 1957, Deklarasi Djuanda diadakan agar Indonesia menjadi utuh dan satu entitas dengan menginginkan pembaharuan asas negara kepulauan. Akhirnya perjuangan tersebut berhasil melalui Sidang Konvensi PBB tentang Hukum Laut pada tahun 1982 di Monteg Bay, Jamaika.

Geopolitik Indonesia

Geopolitik Indonesia disebut juga wawasan nusantara yang berarti cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang dirinya yang bhineka, dan lingkungangeografinya yang berwujud negara kepulauan dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tujuannya yaitumewujudkan persatuan dan kesatuan aspek kehidupan nasional yang meliputi geografi, demografi dan SDA, ideologi, politik, ekonomi, sosial buaday dan militer. Peranan wawasan nusantara meliputi perwujudan serta pemeliharaan kesatuan dan persatuan yang serasi dan selaras, penumbuhan rasa tanggung jawab, menegakkan kekuasaan guna kepentingan nasional, dan perentangan hubungan internasional dalam menegakkan perdamaian. Dengan ini diharapkan bangsa Indonesia mampu memberi makna kepada tanah air Indonesia.

Geostrategi Indonesia

Geostrategi Indonesia disebut juga ketahanan nasional yang berarti kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan serta kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasionaldalam menghadapi segala ancaman. Dalam konsep ini bangsa Indonesia menggunakan pembangunan kekuatan sosial dengan kerangka pikir Pancasila. Konsep ketahanan nasional merupakan konsep pengaturan keamanan dan kesejahteraan dalam kehidupan nasional.

 2. Negara dalam arti institusi/organisasi negara

Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang menjalankan fungsinya layaknya sebuah organisasi maupun institusi yang kekuasaan utamanya berada di tangan pemerintah pusat untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah konstitusi yang dijunjung tinggi oleh warga negara tersebut. Indonesia memiliki Undang–Undang Dasar 1945 yang menjadi cita-cita bangsa secara bersama-sama. Negara dalam arti institusi/organisasi negara terkait dangan dua hal, yaitu politik nasional Indonesia dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Politik Nasional Indonesia merupakan asas, haluan, usaha dan kebijakan tindakan dari negara tentang pembinaan dan penggunaan segenap potensi nasional untuk mencapai tujuan nasional. Pembahasannya meliputi pemisahan kekuasaan, termasuk di dalamnya kelembagaan politik, kedaulatan negara, dan tujuan negara.

 

Pemisahan kekuasaan

Pemisahan kekuasaan di Indonesia menganut asas Trias Politica yang dicetuskan oleh Montesquieu, yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif yang sudah tidak lagi ditafsirkan sebagai pemisahan kekuasaan, tetapi pembagian kekuasaan karena di antara fungsi-fungsi tersebut tetap ada kerja sama yang diperlukan untuk kelancaran organisasi. Badan eksekutif di Indonesia mencakup kepala negara, kepala pemerintahan, dan para menterinya yang berwenang untuk merumuskan dan melaksanakan keputusan-keputusan yang mengikat  bagi seluruh penduduk dalam suatu wilayah. Sedangkan badan yudikatif di Indonesia mencakup Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY).  Mereka berwenang menyelenggarakan peradilan untuk menegakkan hukum dan keadilan. Dan badan legislatif yang mencakup DPR dan DPD berwenang untuk membuat Undang-Undang dan merumuskan keinginan rakyat dengan menentukan kebijakan umum yang mengikat bagi seluruh rakyat. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas provinsi, kabupaten dan kota, dan seterusnya yang masing-masing memiliki urusan pemerintahan.

 

Kedaulatan negara

Istilah kedaulatan merupakan terjemahan dari bahasa Inggris Sovereignty yang dalam bahasa Italia disebut Sovranus. Istilah-istilah itu diturunkan dari kata latin superanus yang berarti tertinggi. Kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi atau kekuasaan yang tidak terletak dibawah kekuasaan lain. Indonesia menganut kedaulatan rakyat, artinya suara rakyat banyak benar—benar didengar keluhannya dan penderitaannya. Biasanya kedaulatan rakyat ini dianut oleh  negara-negara demokrasi; dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

 

Tujuan negara

Tujuan negara merupakan suasana ideal yang dicita-citakan dan bersifat abstrak. Tujuan Negara dalam Pembukaan UUD 1945 sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan abadi dan keadilan sosial.

 

 

Referensi :

Buku Ajar III Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi A, R. Ismala Dewi, Slamet Soemiarno, Agnes Sri Poerbasari

http://thedarkancokullujaba.blogspot.com/2011/11/kedaulatan-negara.html

http://www.scribd.com/doc/27870033/Tujuan-Dan-Fungsi-Negara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s