Godhul Bashor (Menjaga Pandangan)

Gallery

Sebenernya apa sih yang dimaksud menjaga pandangan? Nunduk kalo ketemu lawan jenis? Ngga boleh bertatapan sama lawan jenis? Ternyata ngga cuma itu aja yang harus kita tau tentang menjaga pandangan, so kalo kamu mau menjadi pribadi yang lebih baik, check this out!😉
Secara bahasa sih, Godhul Bashor itu menahan / mengurangi pandangan. Tapi secara istilah, Godhul Bashor itu menjaga dan tidak melepas kendali diri kita hingga menjadi ‘liar’.

 

Godhul Bashor itu diWAJIBkan loh di Surah An-Nuur (24) ayat 30-31. Di ayat tersebut kita diperintahkan untuk menjaga pandangan, memelihara kemaluan, tidak menampakkan aurat, dan disebutkan siapa saja yang menjadi mahrom kita. Maksud menjaga pandangan di situ adalah menahan sebagian pandangan, dari kata ‘min absorihim’. Min di situ menunjukkan ‘sebagian’. nah jadi maksudnya pandangan kita terhadap lawan jenis yang tidak disengaja itu dimaafkan oleh Allah SWT. Misalnya pas kita ketemu lawan jenis terus ga sengaja berpandangan/bertatapan, itu termasuk pandangan yang dimaafkan olah Allah SWT. Tapi jangan diterusin berpandangannya, kalo setelah itu masih berpandangan, jatohnya disengaja alias jadi dosa. “Pandangan pertama jangan diikuti pandangan selanjutnya, karena dosa” (HR. Tirmidzi). “ Dua mata berzina apabila sedang berpandangan” (Mutafaqun ‘alaih). Tentu kita akan melaksanakan apa yang tertera pada Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita bukan?

 

Jadi orang yang godhul bashor itu orang yang tidak mengamati ketampanan / kecantikan seseorang, atau melihat sebentar tetapi kemudian mengucapkan ‘subhanallah’, dan tidak memandangnya lagi. Tapi dalam kehidupan kita pasti sering banget kan ketemu lawan jenis, entah temen sekolah, kerja atau bahkan orang yang ga dikenal sekali pun. Cara menyiasatinya sih ngga usah berkontak kalo ngga perlu-perlu banget. Terus kalo lagi bicara jangan memandang lama-lama, karena bisa jadi zina mata yang akan turun jadi zina hati. Pokoknya, jaga hati aja deh, jangan sampe mikir macem-macem, kalo emang ada sesuatu dari dirinya yang kamu kagumi, cukup ucapkan ‘subhanallah’.

 

Tahukah kamu kalo Godhul Bashor itu bukan hanya berlaku terhadap orang-orang di sekitar kita, melainkan juga dengan lawan jenis yang ada di TV, drama korea, movie hollywood, boyband / girlband, dll deh! Misalnya nih buat cewek yang ngefans banget sama cowok-cowok korea (karena sekarang lagi jaman-jamannya hallyu), terus sukanya sampe freak atau ngebayangin bisa jadi cowoknya atau bahkan suaminya, itu termasuk ngga bisa jaga pandangan loh… hati-hati.

 

Nih ada faktor-faktor seseorang ngga bisa jaga pandangan :
1. Mengikuti setan / hawa nafsu. Hal ini sih udah pasti mengganggu kita di setiap waktu dan kegiatan, jadi kontrol diri lah dengan banyak mengingat Allah SWT.
2. Jahil / tidak tahu. Sebelum kita tau perintah Allah mengenai Godhul Bashor, pasti kita ga tau kan…, makanya kita ngga menjaga pandangan waktu itu. Nah karena sekarang udah tau, jadi kita harus berusaha untuk menjaga pandangan.
3. Lupa terhadap ancaman dan siksa Allah SWT & mengandalkan ampunan Allah SWT. Lupa terhadap larangan Allah SWT, kemudian setelah kita melakukannya kita berharap atau bahkan yakin Allah SWT mengampuni kita.
4. Terbiasa melihat sesuatu yang berbau porno. Yaa karena sudah terbiasa, maka Godhul Bashor sulit dilakukan.
5. Tidak menunda pernikahan. Maksudnya di sini untuk menjaga hati agar tidak terjerat zina. Menikah itu sebagian dari din (agama). Semua makhluk itu berpasang-pasangan kok, baik di dunia maupun di akhirat.
6. Sering berada di tempat umum (yang ada cewek dan cowok). Otomatis hal ini cukup sulit membuat kita Godhul Bashor karena begitu banyak lawan jenis di sekitar kita.
7. Merasa kelezatan semu. Sebenarnya ketika kita melihat yang haram, seharusnya kita bersedih dan istighfar.
8. Godaan dari lawan jenis. Bisa dari ucapan, gerakan, bahkan suara. Kalo gerakan udah ngerti lah ya, terus kalo dari ucapan misalnya cewek yang kalo ngomong ke cowok itu dengan nada yang lembut dan manja. Terus kalo suara? Jangan salah, suara cewek itu aurat, bahkan suara cewek bisa bikin cowok terpincut lohhh. Apalagi kalo si cewek lagi nyanyi (tentunya untuk yang bisa nyanyi dan suaranya merdu). Jadi untuk cewek, berbicaralah seperlunya kepada lawan jenis.

 

Ada lagi nih, efek negatif jika kita ngga Godhul Bashor :
1. Hati menjadi rusak. Sudah terlanjur tercemar hal yang ga baik.
2. Turunnya bala / celaka.
3. Amal kebaikan kita rusak.
4. Lalai atau lupa terhadap Allah SWT.
5. Lalai atau lupa terhadap Hari Akhir.
6. Rendahnya mata (tidak bisa mengontrol pandangannya)
7. Terjebak dalam zina.
8. Lupa diri.

 

The last, manfaat dari Godhul Bashor :
1. Membebaskan hati dari penyesalan dengan begitu hati menjadi tenang.
2. Hati yang bercahaya terpancar dari mata dan wajah.
3. Terbukanya pintu ilmu jadi penuh konsentrasi.
4. Mempertajam prediksi dan firasat.
5. Datangnya mahabatullah (cinta kepada Allah).

 

Semoga ini bisa membantu temen-temen untuk menjadi pribadi yang lebih taat kepada Allah SWT, juga mengingatkan yang sudah mengerti tak terkecuali saya sendiri🙂
HAMASAH! ^^

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s